Analisis Kesalahan Kompetensi Berbicara Bahasa Jepang

(Mahasiswa Semester VII)

Authors

  • Aam Hamidah Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA
  • Shabrina Rahmalia Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA

DOI:

https://doi.org/10.58220/jba.v15i2.25

Keywords:

Analisis, Berbicara, Bahasa Jepang, Kesalahan

Abstract

Pembelajaran bahasa, khususnya dalam bahasa asing ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan pembelajar dalam proses pembelajaran tersebut, yaitu bisa adanya pengaruh dari bahasa Ibu (inteferensi bahasa Ibu), kurang memahaminya tentang unsur-unsur yang berhubungan dengan pengetahuan bahasa tersebut yaitu tataran fonologi, gramatkal, semantik, sosiolingustik dan lain lain. Dengan kondisi tersebut pembelajar cenderung melakukan kesalahan-kesalahan ketika berkomunikasi menggunakan bahasa kedua tersebut baik komunikasi lisan maupun tulisan. Menurut para pakar dalam proses pebelajaran bahasa asing adalah suatu hal yang wajar apabila terjadi kesalahan. Tarigan mengatakan bahwa analisis kesalahan berbahasa adalah suatu proses kerja yang digunakan oleh para guru dan peneliti bahasa dengan langkah-langkah pengumpulan data, pengidentifikasian kesalahan yang terdapat di dalam data, penjelasan kesalahan-kesalahan tersebut, pengklasifikasian kesalahan itu berdasarkan penyebabnya, serta evaluasi taraf keseriusan kesalahan itu(1990, 68). Tujuan melakukan penelitian ini untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang terjadi pada kompetensi berbicara bahasa Jepang pada mahasiswa, dan bisa dijadikan dasar untuk memperbaiki proses belajar mengajar. Metode penelitiannya adalah kwalitatif deskriptif dengan melalui pendekatan Roleplay. Hasil penelitian Analisis kesalahan kompetensi berbicara bahasa Jepang ini dari jumlah 20 data wacana percakapan hampir semua data terdapat kesalahan dalam kategori “siasat berkomunikasi yang berhubungan dengan unsur budaya”, Strategi Berbicara”dan terdapat juga kesalahan ranah “Linguistik bidang gramatikal”, dan dalam melakukan prakteknya ketika berkomunikasi dengan melalui roleply masih terdapat kesalahan yang berhubungan dengan ranah linguistic “Bidang fonologi”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dedi Sutedi. (2003). Dasar-Dasar Linguistik Bahasa Jepang, Bandung: Humaniora.

Depdikbud. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke 2, Jakarta: Balai Pustaka.

Fatimah dan Ratna Dewi Kartika Sari. (2018). Strategi Belajar dan Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Jurnal umj.ac.id/index.php

Fujita. (1996) Nihongo Chuukyuu I, Toukyou: Bojinsha.

Hamzah B.Uno. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Keratif dan Efektif . Jakara: PT. Bumi aksara.

Ifa Dahlia. (2010). Formulasi Strategi. FE UI:Tidak diterbitkan.

The Jafan Foudation. Hanasu koto wo Oshieru Edisi ke 6. Hituji Jafan.

Suyatno. (2004). Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya : SIC

Sudaryanto. (1993). Metode Linguistik. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Tarigan. (1988). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

19-12-2022

How to Cite

Hamidah, A., & Rahmalia, S. (2022). Analisis Kesalahan Kompetensi Berbicara Bahasa Jepang: (Mahasiswa Semester VII). Jurnal Bahasa Asing, 15(2), 52–60. https://doi.org/10.58220/jba.v15i2.25