Penerapan Case Based Learning pada Mata Kuliah Sekkyakugyou No Nihongo
DOI:
https://doi.org/10.58220/jba.v15i2.26Keywords:
Penelitian Tindakan, Case Based Learning, OmotenashiAbstract
Penelitian ini meneliti tentang “Penerapan Case Based Learning pada Mata Kuliah Sekkyakugyou No Nihongo” pada mahasiswa semester 7 STBA JIA TA 2021/2022. Dalam kegiatan pembelajaran yang berfokus pada pengajar dirasa kurang tepat dalam pembelajaran yang membutuhkan kemampuan siswa dalam berpendapat untuk memecahkan kasus yang diberikan. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan (Action Research) dengan metode Case Based Learning (CBL) yang mengutamakan diskusi dalam memecahkan masalah yyang disajikan. Dengan penelitian semi kualitatif dan kuantitatif dihasilkan bahwa penerapan CBL pada mahasiswa memberikan kenaikan rata-rata nilai dalam memahami omotenashi dalam bentuk kasus. Hasil penelitian terjadi kenaikan rata-rata dengan pre-test 65,38, dan Post-test sebesar 83,53. Tanggapan siswa dengan adanya pembelajaran CBL adalah cukup baik dan menarik.
Downloads
References
David Hopkins. (1993) A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia. Open University Press.
Davison, R. M., Martinsons, M. G., Kock N., (2004). Journal : Information Systems Journal : Principles of Canonical Action Research 14, 65–86
Kardi, Soeparman&Mohamad Nur. (2000). Pengajaran Langsung. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya, University Press
Kemmis & McTaggart, R. (1983). The Action Research Planner. 3rd ed. Victoria, Australia: Deakin University.
Madya, S, (2006). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research), Alfabeta: Bandung.
Ningrum, Sefa E,Dkk. (2021). Pengaruh Online Case Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Profesi Ners UGM
https://chandrax.wordpress.com/2008/07/0 5/action-research-penelitian- tindakan/
www.staffuny.ac.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Siti Nur Isnaini, Rahayu Aprilianti, Anggiarini Arianto, Ani Sunarni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration.
Pengajuan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sebelum jurnal lain untuk dipertimbangkan.