Penerapan Case Based Learning pada Mata Kuliah Sekkyakugyou No Nihongo

Authors

  • Siti Nur Isnaini Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA
  • Rahayu Aprilianti Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA
  • Anggiarini Arianto Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA
  • Ani Sunarni Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA

DOI:

https://doi.org/10.58220/jba.v15i2.26

Keywords:

Penelitian Tindakan, Case Based Learning, Omotenashi

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang “Penerapan Case Based Learning pada Mata Kuliah Sekkyakugyou No Nihongo” pada mahasiswa semester 7 STBA JIA TA 2021/2022. Dalam kegiatan pembelajaran yang berfokus pada pengajar dirasa kurang tepat dalam pembelajaran yang membutuhkan kemampuan siswa dalam berpendapat untuk memecahkan kasus yang diberikan. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan (Action Research) dengan metode Case Based Learning (CBL) yang mengutamakan diskusi dalam memecahkan masalah yyang disajikan. Dengan penelitian semi kualitatif dan kuantitatif dihasilkan bahwa penerapan CBL pada mahasiswa memberikan kenaikan rata-rata nilai dalam memahami omotenashi dalam bentuk kasus. Hasil penelitian terjadi kenaikan rata-rata dengan pre-test 65,38, dan Post-test sebesar 83,53. Tanggapan siswa dengan adanya pembelajaran CBL adalah cukup baik dan menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

David Hopkins. (1993) A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia. Open University Press.

Davison, R. M., Martinsons, M. G., Kock N., (2004). Journal : Information Systems Journal : Principles of Canonical Action Research 14, 65–86

Kardi, Soeparman&Mohamad Nur. (2000). Pengajaran Langsung. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya, University Press

Kemmis & McTaggart, R. (1983). The Action Research Planner. 3rd ed. Victoria, Australia: Deakin University.

Madya, S, (2006). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research), Alfabeta: Bandung.

Ningrum, Sefa E,Dkk. (2021). Pengaruh Online Case Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Profesi Ners UGM

https://chandrax.wordpress.com/2008/07/0 5/action-research-penelitian- tindakan/

www.staffuny.ac.id

https://text-id.123dok.com/

Downloads

Published

19-12-2022

How to Cite

Isnaini, S. N., Aprilianti, R., Arianto, A., & Sunarni, A. (2022). Penerapan Case Based Learning pada Mata Kuliah Sekkyakugyou No Nihongo. Jurnal Bahasa Asing, 15(2), 61–68. https://doi.org/10.58220/jba.v15i2.26

Most read articles by the same author(s)