Teknik Dikte dan Shadowing dalam Pembelajaran Chuujoukyuu Choukai di STBA JIA
DOI:
https://doi.org/10.58220/jba.v16i1.47Keywords:
dikte, shadowing, choukaiAbstract
Penerapan teknik dikte dan shadowing melalui penelitian tindakan ini diharapkan mampu membantu mengatasi kesulitan dalam pembelajaran menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan keterampilan menyimak bahasa Jepang melalui penggunaan teknik dikte dan shadowing pada mata kuliah chuujoukyuu choukai. Penelitian dilakukan melalui tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan instrument soal tes formatif dan soal angket. Berdasarkan hasil tes formatif, diketahui terdapat peningkatan pada nilai rata-rata kelas. Pada fase awal sebelum tindakan rata-rata kelas untuk keterampilan menyimak adalah 61.78, pada akhir siklus I meningkat menjadi 67.44, dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 71.06. Gambaran keterampilan menyimak bahasa Jepang di akhir siklus adalah; terdapat 4 responden yang memiliki tingkat keterampilan yang istimewa. Terdapat 7 responden yang memiliki keterampilan baik. Terdapat 7 responden yang memiliki keterampilan cukup. Pada akhir siklus ini sudah tidak ada responden dengan tingkat keterampilan yang kurang dan gagal Sedangkan dari hasil angket diketahui responden merespon dengan positif terhadap metode pembelajaran dikte dan shadowing pada mata kuliah chuujoukyuu choukai.
Downloads
References
Laksono, Kisyani. dan Siswono, Tatag Yuli Eko. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2017. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BFE-Yogyakarta.
Ogawa, Miyako. 2018. Choukai Shidouni ni Okeru dikuteeshon to shadooingu no Kouka. Senshuu Daigaku Gaikokugo Kyouikuronshuu Vol.46 hal 77-91.
Saito, Hitoshi, Dkk. 2013. Shadooingu Nihongo Hanasou-Sho-chuukyuuhen. Tokyo: Kuroshio Shuppan.
Sutedi, Dedi. 2009. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora.
Yokoyama, Noriko. 2016. Kiku koto wo Oshieru. Tokyo: The Japan Foundation.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ani Sunarni, Rainhard Oliver Hoftman Wungkana, Siti Nur Isnaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration.
Pengajuan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sebelum jurnal lain untuk dipertimbangkan.