Teknik Dikte dan Shadowing dalam Pembelajaran Chuujoukyuu Choukai di STBA JIA

Authors

  • Ani Sunarni Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA
  • Rainhard Oliver Hoftman Wungkana Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA
  • Siti Nur Isnaini Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA

DOI:

https://doi.org/10.58220/jba.v16i1.47

Keywords:

dikte, shadowing, choukai

Abstract

Penerapan teknik dikte dan shadowing melalui penelitian tindakan ini diharapkan mampu membantu mengatasi kesulitan dalam pembelajaran menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan keterampilan menyimak bahasa Jepang melalui penggunaan teknik dikte dan shadowing pada mata kuliah chuujoukyuu choukai. Penelitian dilakukan melalui tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan instrument soal tes formatif  dan soal angket. Berdasarkan hasil tes formatif, diketahui terdapat peningkatan pada nilai rata-rata kelas. Pada fase awal sebelum tindakan rata-rata kelas untuk keterampilan menyimak adalah 61.78, pada akhir siklus I meningkat menjadi 67.44, dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 71.06. Gambaran keterampilan menyimak bahasa Jepang di akhir siklus adalah; terdapat 4 responden yang memiliki tingkat keterampilan yang istimewa. Terdapat 7 responden yang memiliki keterampilan baik. Terdapat 7 responden yang memiliki keterampilan cukup. Pada akhir siklus ini sudah tidak ada responden dengan tingkat keterampilan yang kurang dan gagal Sedangkan dari hasil angket diketahui responden merespon dengan positif terhadap metode pembelajaran dikte dan shadowing pada mata kuliah chuujoukyuu choukai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Laksono, Kisyani. dan Siswono, Tatag Yuli Eko. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2017. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BFE-Yogyakarta.

Ogawa, Miyako. 2018. Choukai Shidouni ni Okeru dikuteeshon to shadooingu no Kouka. Senshuu Daigaku Gaikokugo Kyouikuronshuu Vol.46 hal 77-91.

Saito, Hitoshi, Dkk. 2013. Shadooingu Nihongo Hanasou-Sho-chuukyuuhen. Tokyo: Kuroshio Shuppan.

Sutedi, Dedi. 2009. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora.

Yokoyama, Noriko. 2016. Kiku koto wo Oshieru. Tokyo: The Japan Foundation.

Downloads

Published

27-06-2023

How to Cite

Sunarni, A., Wungkana, R. O. H., & Isnaini, S. N. (2023). Teknik Dikte dan Shadowing dalam Pembelajaran Chuujoukyuu Choukai di STBA JIA. Jurnal Bahasa Asing, 16(1), 69–80. https://doi.org/10.58220/jba.v16i1.47