Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Media Gambar pada Mata Kuliah Chuukyuu Kaiwa
DOI:
https://doi.org/10.58220/jba.v16i2.57Keywords:
Kaiwa, Penelitian Tindakan, Media GambarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melakukan percakapan atau kaiwa pada mahasiswa semester III. Kesulitan dari penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi yang menjadi sasaran dalam penelitian adalah mahasiswa yang baru memulai perkuliahan secara luring karena sebelumnya terjadi pandemi. Kondisi awal dari penelitian ini, mahasiswa belum saling akrab ketika memulai melakukan percakapan. Kosakata dan pola kalimat juga masih banyak yang belum menguasai dengan baik. Dari kondisi tersebut pembelajaran menggunakan media gambar sebagai pemicu untuk mengutarakan pendapat dan melakukan percakapan. Gambar-gambar yang dipergunakan dalam penelitian ini disesuaikan dengan silabus pembelajaran yang sedang berlangsung. Dengan menggunakan metode penelitian tindakan, proses penelitian dapat berjalan dengan baik. Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi adalah pada pemakaian partikel dan pola kalimat. Pola kalimat yang sudah dipelajari tidak dipergunakan ketika melakukan percakapan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan, terdiri dari 2 siklus. Dari 2 siklus itu, kemampuan mahasiswa dalam percakapan sudah meningkat. Pemakaian pola kalimat dan kosakata baru sudah dipergunakan sebagai mana mestinya. Mahasiswa memiliki keberanian dan percaya diri untuk memulai pembicaraan. Proses dan hasil dari penelitian ini merupakan target dari penelitian ini.
Downloads
References
Creswell, 2012. Educational Research. Phoenix Color Corp: Boston.
Elliott, John. 2001. Action Research for Educational Change. Open University Press Celtic Court: Buckingham.
E Mills Geoffrey, 2003. Action Research A Guide for The Teacher Researcher. Merrill Prentice Hall: USA.
Emzir, 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Heryati, Yeti. 2009. Penerapan Model Pembelajaran siswa aktif (Student Active Learning) bagi Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia. Disertasi. Bandung: UPI.
Japan Foundation. 2007. Hanasu koto wo oshieru. Kokusai Koryuu Kikin. Japan.
John Elliott, 1991, Action Research for Educational Change. University Press.
Lewin, K. 1946. Action research and minority problems, in G.W. Lewin (Ed.) Resolving Social Conflicts. New York: Harper & Row (1948).
Putra, Nusa. 2014. Penelitian Tindakan. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rainhard Oliver Hoftman Wungkana, Rosi Novisa Syarani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration.
Pengajuan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sebelum jurnal lain untuk dipertimbangkan.