Penerapan Strategi Self Regulated Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Pembelajaran Menyimak (Choukai)

Authors

  • Rahayu Aprilianti Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA
  • Rosi Novisa Syarani Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA
  • Elli Rahmawati Zulaeha Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA

DOI:

https://doi.org/10.58220/jba.v16i2.58

Keywords:

Choukai, Menyimak, Self Regulated Learning

Abstract

Penelitian ini datang dari adanya kesulitan yang dialami mahasiswa dalam pembelajaran menyimak bahasa Jepang pada mata kuliah Shochuukyuu Choukai di STBA JIA. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dan mengetahui gambaran kemampuan menyimak bahasa Jepang dengan menggunakan strategi self regulated learning (SRL). Penelitian dilakukan melalui tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan instrument soal tes formatif  dan soal angket. Berdasarkan hasil tes formatif, terdapat peningkatan pada nilai rata-rata kelas, dari rata-rata nilai awal 49.29 menjadi nilai 78.64. Kemampuan menyimak bahasa Jepang mahasiswa setelah dilakukan tindakan, tidak ada lagi mahasiswa yang memiliki nilai D (kurang). Sedangkan dari hasil angket diketahui responden merespon dengan positif terhadap penggunaan strategi SRL pada pembelajaran Choukai. Penggunaan startegi SRL telah meningkatkan kemampuan menyimak bahasa Jepang para mahasiswa. Tidak hanya menyimak, strategi SRL ini dapat diterapkan juga pada pembelajaran lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhadiah, Sabarti, et al. 1992. Bahasa Indonesia 1. Jakarta: DEPDIKBUD.

Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Depok: Raja Grafindo Persada.

Fasikhah, Siti Suminarti, dan Siti Fatimah. (2013). Self Regulated Learning (SRL) dalam Meningkatkan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Malang: Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan (JIPT) Vol.1 No.1.

Mudjiman, Haris. 2008. Belajar Mandiri. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Nurgiantoro, Burhan. 2017. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Santoso, Eka Budi. 2021. Self Regulated Learning Kajian Teoritis dan Praktis dalam Proses Pembelajaran. Lamongan: Academia Publication.

Santrock, Jhon Winne. 2007. Psikologi Pendidikan (edisi kedua). University of Texas at Dallas.

Sutedi, Dedi. 2009. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora.

Downloads

Published

24-12-2023

How to Cite

Aprilianti, R., Syarani, R. N., & Zulaeha, E. R. (2023). Penerapan Strategi Self Regulated Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Pembelajaran Menyimak (Choukai). Jurnal Bahasa Asing, 16(2), 78–89. https://doi.org/10.58220/jba.v16i2.58

Most read articles by the same author(s)