Konsep Slot pada Kelas Kata yang Sama dalam Kalimat Sederhana Bahasa Inggris

Authors

  • Imron Hadi Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA
  • Elsan Arvian Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA

DOI:

https://doi.org/10.58220/jba.v16i2.63

Keywords:

Slot, Hubungan, Kalimat Sederhana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan mengapa di antara slot-slot dalam kalimat sederhana bahasa Inggris ada yang memiliki hubungan dengan slot lain dan ada yang tidak memiliki hubungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis isi (Content Analysis). Penulis mengumpulkan data tentang kalimat sederhana yang berjenis transitif dalam cerita pendek The Queen of Spades and Other stories by Aleksandr Pushkin. Teknik yang dilakukan untuk mendapatkan data adalah sebagai berikut: (1) mencari kalimat sederhana yang transitif (2) Menghubungkan slot-slot dalam kalimat sederhana tersebut dan mencari slot-slot yang memiliki hubungan dan yang tidak memiliki hubungan (3) membuktikan data yang telah ditemukan dan menjelaskannya berdasarkan ilmu morfologi yang diambil dari teori Katamba (1993) dan ilmu syntaksis yang diambil dari teori Noel Burton. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa dari 4 objek data, terdapat 4 data yang memiliki hubungan slot yang sama dalam bentuk open classes dan 1 dalam bentuk closed class .Penelitian ini dilakukan agar kita memahami proses terbentuknya kalimat sederhana bahasa Inggris dari peran interaksi antara morfologi dan syntaksis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aronoff, M., & Fudeman, K. (2011). What is Morphology? - 2nd ed. Blackwell Publishing Ltd.

Bauer, L. (2007). The Linguistics Student's Handbook. Edinburgh University Press Ltd.

Bauer, L. (1988). Introducing Linguistic Morphology. Edinburg University Press.

Berry, Roger.(2012).English Grammar A resource book for students.Routledge

Booij, G. (2005). The Grammar of Words. Oxford University Press, Inc.

Burton, Noel R. (2011) Analysing Sentences An Introduction to English Syntax. Pearson education limited.

Carstairs, A., & McCarthy. (2002). An Introduction to English Morphology: Words and Their Structure. Edinburgh University Press Ltd.

Chair, Abdul. (2009). Sintaksis Bahasa Indonesia.Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2009). Research Design 3rd Edition. Sage Publications, Inc.

____________ (2016). Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, kuantitatif dan campuran. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Fromkin, V., Rodman, R., & Nina H. (2017). An Introduction to Language, Eleventh Edition. Cengage Learning, Inc.

_____________________________.(2011). An Introduction to Language, ninth edition.Wadsworth Cengage Learning.

Hamawand, Z. (2011). Morphology in English. Continuum International Publishung Group.

Haspelmath, M., & Sims, A. D. (2010). Understanding Morphology. Hodder Education.

Harley, H. (2006). English Word A Linguistic Introduction. Blackwell Publishing.

J. Moleong, Lexy. 2006. Metode Penelitian 6Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Katamba, F. (1993). Morphology. St. Matin's Press.

Katamba, F. & Stonham, J. (2006). Morphology Second Edition.

Lieber, R. (2009). Introducing Morphology. Cambridge University Press

Milne, John. (2011). The Case of the Lonely Lady.Dian Rakyat

O’Grady, William and Guzman. 1996. Contemporary Linguistics: An Introduction. Longman.

Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif .Bandung: ALFABETA CV.

________. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tallerman, Maggie (2011).third edition :Understanding Syntax.Hodder Education

Wekker, H., Liliane H.(1991) , A modern course English Syntax. Routledge.

Yule, G. (2010). The Study of Language Forth Edition. Cambridge University Press.

_______ (2017). The Study of Language Sixth Edition. Cambridge University Press.

Downloads

Published

24-12-2023

How to Cite

Hadi, I., & Arvian, E. (2023). Konsep Slot pada Kelas Kata yang Sama dalam Kalimat Sederhana Bahasa Inggris. Jurnal Bahasa Asing, 16(2), 21–35. https://doi.org/10.58220/jba.v16i2.63