Kesantunan dalam Berbicara Bahasa Inggris di Kelas
DOI:
https://doi.org/10.58220/jba.v15i2.28Keywords:
Kesantunan, Keterampilan, BerbicaraAbstract
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui Kesantunan dalam Berbicara Bahasa Inggris. Dengan mengetahui bahwa keterampilan berbahasa merupakan keterampilan menggunakan bahasa yang terlihat di dalam empat aspek yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keterampilan mendengarkan dan membaca disebut dengan keterampilan reseptif, sedangkan keterampilan berbicara dan menulis disebut dengan keterampilan produktif. Keterampilan reseptif dan produktif dalam berbahasa saling mengisi dan juga saling melengkapi yang satu dan yang lainnya. Sebagai seorang mahasiswa yang ingin terampil dalam berbicara dan menulis semestinya sering banyak mendengar dan membaca. Berbicara yang merupakan salah satu kegiatan berbahasa yang masih dianggap sulit oleh mahasiswa . sejalan dengan yang dikemukankan oleh Bueno, Madrid dan Mclaren yang menyatakan “Speaking is one of the most difficult skills language learners have to face (2006, 321). Dosen perlu mempertimbangkan model pembelajaran yang digunakan dengan karakteristik mahasiswa, selain itu perlu mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa, seperti Kesantunan. Dalam hal ini hasil belajar yang dimaksud adalah kememampuan berbicara bahasa inggris. Dengan mengetahui bahwa kesantunan dalam berbahasa merupakan faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara bahasa inggis. Maka perlu dikaji lebih lanjut Kesantunan dalam Berbicara Bahasa Inggris, agar diperoleh kemampuan berbicara mahasiswa yang lebih optimal.
Downloads
References
Kuratani, Naomi. (2001). A New Dictionary of Kanji Usage. Tokyo : Gakken
Brown, Penelope and Stephen C. Levinson. (1987). Politeness; Some Universals in Language Sals. New York: Cambridge Univercity Press.
Cornbleet dan Carter. (2001)The Language of Speech anda Writing. London: Routledge.
De Beaugrande, Robert dan Wolfgang Dressler. (1981) Introduction to Text Linguistics. London: Longman.
Tarigan, G.H. (1991). Metodologi Pengajaran Bahasa, Bandung: Angkasa.
Samovar, Larry A., Richard E. Porter, Edwin R. McDaniel, Carolyn S.Roy. (2001). Intercultural Communication A Reader-Cengage Learning. USA: Cengage Learning.
Setiawan, Daniel. (2005). Schaum’s Outlines French Grammar; Alih Bahasa. Jakarta: Erlangga.
Sperber dan Wilson. (2007). PELBBA 18; Korpus Bahasa Penerjemahan Etnopuitika Teori Kesantunan Struktur Informasi Teori Asas dan Parameter Asal Usul Bahasa Melayu Derajat Keuniversalan Teori Bahasa. Jakarta: Pusat Kajian Bahasa dan Budaya Unika Atma Jaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Elidasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration.
Pengajuan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sebelum jurnal lain untuk dipertimbangkan.