Kesantunan dalam Berbicara Bahasa Inggris di Kelas

Authors

  • Elidasari STEI Trianandra

DOI:

https://doi.org/10.58220/jba.v15i2.28

Keywords:

Kesantunan, Keterampilan, Berbicara

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui Kesantunan dalam Berbicara Bahasa Inggris. Dengan mengetahui bahwa keterampilan berbahasa merupakan keterampilan menggunakan bahasa yang terlihat di dalam empat aspek yakni mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keterampilan mendengarkan dan membaca disebut dengan keterampilan reseptif, sedangkan keterampilan berbicara dan menulis disebut dengan keterampilan produktif. Keterampilan reseptif dan produktif dalam berbahasa saling mengisi dan juga saling melengkapi yang satu dan yang lainnya. Sebagai seorang mahasiswa yang ingin terampil dalam berbicara dan menulis semestinya sering banyak mendengar dan membaca. Berbicara yang merupakan salah satu kegiatan berbahasa yang masih dianggap sulit oleh mahasiswa . sejalan dengan yang dikemukankan oleh Bueno, Madrid dan Mclaren yang menyatakan “Speaking is one of the most difficult skills language learners have to face (2006, 321). Dosen perlu mempertimbangkan model pembelajaran yang digunakan dengan karakteristik mahasiswa, selain itu perlu mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa, seperti Kesantunan. Dalam hal ini hasil belajar yang dimaksud adalah kememampuan berbicara bahasa inggris. Dengan mengetahui bahwa kesantunan dalam berbahasa merupakan faktor yang mempengaruhi kemampuan berbicara bahasa inggis. Maka perlu dikaji lebih lanjut Kesantunan dalam Berbicara Bahasa Inggris, agar diperoleh kemampuan berbicara mahasiswa yang lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kuratani, Naomi. (2001). A New Dictionary of Kanji Usage. Tokyo : Gakken

Brown, Penelope and Stephen C. Levinson. (1987). Politeness; Some Universals in Language Sals. New York: Cambridge Univercity Press.

Cornbleet dan Carter. (2001)The Language of Speech anda Writing. London: Routledge.

De Beaugrande, Robert dan Wolfgang Dressler. (1981) Introduction to Text Linguistics. London: Longman.

Tarigan, G.H. (1991). Metodologi Pengajaran Bahasa, Bandung: Angkasa.

Samovar, Larry A., Richard E. Porter, Edwin R. McDaniel, Carolyn S.Roy. (2001). Intercultural Communication A Reader-Cengage Learning. USA: Cengage Learning.

Setiawan, Daniel. (2005). Schaum’s Outlines French Grammar; Alih Bahasa. Jakarta: Erlangga.

Sperber dan Wilson. (2007). PELBBA 18; Korpus Bahasa Penerjemahan Etnopuitika Teori Kesantunan Struktur Informasi Teori Asas dan Parameter Asal Usul Bahasa Melayu Derajat Keuniversalan Teori Bahasa. Jakarta: Pusat Kajian Bahasa dan Budaya Unika Atma Jaya.

Downloads

Published

19-12-2022

How to Cite

Elidasari. (2022). Kesantunan dalam Berbicara Bahasa Inggris di Kelas. Jurnal Bahasa Asing, 15(2), 80–87. https://doi.org/10.58220/jba.v15i2.28