Pengaruh Metode Pembelajaran Digital Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Tata Bahasa Korea Tingkat Dasar: -고, -거나, -지만, -(으)ㄴ/는데
DOI:
https://doi.org/10.58220/jba.v17i1.74Keywords:
Tata Bahasa Korea, Metode Pembelajaran, Digital Mind MappingAbstract
Tata bahasa merupakan hal yang utama dalam pembelajaran bahasa Korea. Penggunaan metode pembelajaran juga berlaku dalam konteks pembelajaran tata bahasa Korea, yang memiliki perbedaan mendasar dengan tata bahasa Indonesia. Karena perbedaan yang signifikan, muncul fenomena bahwa pemelajar Indonesia yang belajar bahasa Korea sering menghadapi kesulitan dan membuat kesalahan dalam penggunaan tata bahasa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi fenomena tersebut adalah digital mind mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital mind mapping terhadap peningkatan kemampuan tata bahasa Korea tingkat dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan di SMAK 2 BPK Penabur Bandung dengan sampel sebanyak 28 orang peserta didik kelas 12 yang mengambil mata pelajaran tambahan bahasa Korea. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan tata bahasa Korea tingkat dasar peserta didik, berdasarkan rata-rata nilai pre-test sebesar 43,82 dan tergolong ke dalam kriteria ‘kurang’ dan meningkat berdasarkan rata-rata nilai post-test sebesar 70,25 dan tergolong ke dalam kriteria ‘baik’. Hasil uji T menunjukkan nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel (5,85 > 2,05), maka hipotesis alternatif diterima dan hipotesis null ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan digital mind mapping terhadap kemampuan tata bahasa Korea tingkat dasar peserta didik. Hasil analisa angket menunjukkan respons positif dari peserta didik terhadap metode mind mapping dalam pembelajaran tata bahasa Korea. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah digital mind mapping dapat digunakan sebagai metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan tata bahasa Korea tingkat dasar.
Downloads
References
Ahn, J.M. dkk. (2010). Korean Grammar in Use. Beginning to Early Intermediate. Darakwon.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Ayuningtias, S. (2022). Penggunaan akhiran penghubung jiman dan neunde/(eu)n de dalam kalimat bahasa Korea [Diploma thesis, Universitas Nasional]. Unas Repository. http://repository.unas.ac.id/5521/
Bungin, M. B. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. Kencana.
Hanggoro, A. A. (2023). Pengaruh penggunaan aplikasi Lingory dalam meningkatkan kemampuan tata bahasa Korea (문법): Kuasi Eksperimen Terhadap Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Korea Tingkat Dasar [S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. UPI Repository. https://repository.upi.edu/95979/
Jumrah, N. A. A & Azizah, M. (2021). The effectiveness and students' perceptions on learning tenses through mind mapping technique on elementary level at an education and training institute in Indonesia. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 4(1), 20-28. doi: https://doi.org/10.34050/elsjish.v4i1.13360
Lee, M. H. (2007). 한국어 문법 교수 방법론의 재고찰제2 언어 교수 이론에 바탕을 둔 교수 모형의 보완. 한국어교육, 18(2), 285- 310. doi: 10.18209/iakle.2007.18.2.285
Leuwol, F.S., Basiran, B., Solehuddin, M., Vanchapo, A. R., Sartipa, D., & Munisah, E. (2023). Efektivitas metode pembelajaran berbasis teknologi terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di sekolah. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 10(3), 988-999. doi: https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.899
Normawati, A. (2020). Digital mind-mapping to improve learners’ grammar competence. EDULINK (Education and Linguistics Knowledge) Journal, 2(2), 52-62. doi: https://doi.org/10.32503/edulink.v2i2.1189.
Nugroho, T. (2022). Penggunaan model pembelajaran scramble kalimat dalam meningkatkan kemampuan menyusun kalimat sederhana bahasa Korea (pre experiment pada pemelajar bahasa Korea tingkat I di Homey Korean Language and Culture Community) [S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. UPI Repository. https://repository.upi.edu/82822/
Prismayanti, R. & Mulyadi. (2022). Subjek bahasa Korea dan bahasa Indonesia. Caraka, 8(2), 185-195. doi: https://dx.doi.org/10.30738/caraka.v8i2
Savitri, E. (2019). Model pembelajaran core berbantuan mind mapping dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi stoikiometri. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 10(1), 68-75. doi: http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v10i1.5944.
Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Press.
Sudjana, N. & Ibrahim. (2002). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sutedi, D. (2011). Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Humaniora.
Utami, S. R. (2017). Pembelajaran aspek tata bahasa dalam buku pelajaran bahasa Indonesia. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 194. doi: https://doi.org/10.21009/AKSIS.010203
Wang, L. (2019). Research on the application of the mind map in English grammar teaching. Theory and Practice in Language Studies, 9(8), 990-995. doi: https://doi.org/10.1155/2021/49218
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Cynthia Calista Jaya, Risa Triarisanti, Asma Azizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration.
Pengajuan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sebelum jurnal lain untuk dipertimbangkan.