Tinjauan Strategi FBI dalam Kuliner Jepang di Indonesia

Authors

  • Elli Rahmawati Zulaeha
  • Yusnida Eka Puteri Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA
  • Rahayu Aprilianti

DOI:

https://doi.org/10.58220/jba.v15i1.5

Keywords:

globalisasi, strategi, strategi FBI, kuliner Jepang, Indonesia

Abstract

Kuliner Jepang telah mendunia. Dalam kesuksesan globalisasi kuliner Jepang, terdapat peran yang besar dari pemerintah Jepang. Promosi kuliner Jepang di dunia termasuk di Indonesia, diantaranya didukung Ministry of Agriculture, Forestry and Fisheries (MAFF) dan JETRO. Ministery of Agriculture, Forestry, and Fisheris (MAFF) dalam situs resminya mengenalkan strategi FBI, yakni made from, made by, made in. Strategi FBI secara umum adalah promosi penggunaan bahan makanan dari Jepang dalam dunia masak di dunia, pengembangan budaya makan dan industri makanan Jepang di luar negeri, serta ekspor produk makanan Jepang. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mencoba mengungkap stategi FBI yang dilakukan Jepang sehingga kuliner Jepang menjadi go international. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui implementasi kebijakan strategi FBI dalam kuliner Jepang yang dilakukan oleh Kementrian Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Jepang (MAFF) di Indonesia. 2) untuk mengetahui pencapaian strategi FBI. 3) untuk mengetahui hambatan yang dihadapi oleh pemerintah Jepang saat menerapkan strategi FBI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bauer, L. (2007). The Linguistics Student's Handbook. Edinburgh University Press Ltd.

Al-Rodhan, Dr. Nayef R.F.(2006) Definitions of Globalization: Ambassador Gérard Stoudmann A Comprehensive Overview and a Proposed Definition. Geneva

Anggito, Albi dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak.

Arikunto, Suharshimi. (2013) Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan kelima belas. Rineka Cipta.

Dye, Thomas R. (2011). Understanding Public Policy. Thirteenth Edition. United State: Pearson

Fermana, Surya. (2009). Kebijakan Publik: Sebuah Tinjauan Filosofis. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Group Global Sushi Challenge. http://sushichallenge.global/id/ diakses 2 Juli 2020 09:15 WIB

Hiriyappa. (2013). Corporate Strategy;Managing The Business. Bloomington. Author House.

HIS. Sushi Makanan yang mendunia. https://www.japan.travel/id/guide/ japanese-superfoods/ diakses 1 Sepetember 2020 pukul 18:13 WIB

JETRO Indonesia. https://www.jetro.go.jp/indonesia/ topics/_435585.html diakses 23 Juli 2020 09:54

JETRO. (2020). Details of Japanease food and ingredient supporter stores overseas.https://www.jetro.go.jp/e n/trends/foods/supporter/, https://www.jetro.go.jp/ext_image s/en/trends/foods/supporter/list_st ore_restaurant_20200731.pdf diakses 19 Juli 2020 09:24 WIB JETRO.「ジャカルタにおける日本食レ ストランの出店状況お及び日 本 食 材 の 流 通 状 況 調 査 」 . https://www.jetro.go.jp/world/rep orts/2016/02/b5898e643f1f5812.h tml diakses 21 Juli 2020 19:00

JNTO. Makanan Super Jepan (https://www.his- travel.co.id/blog/article/detail/sus hi-makanan-jepang-yang- mendunia diakses 20 juni 2020 pukul 19:08 WIB

Liputan 6. Kuliner Umami, Misi Diplomatik Jepang untuk ASEAN. https://www.liputan6.com/global/ read/4172938/kuliner-umami- misi-diplomatik-jepang-untuk- asean diakses 20 Juli 2020 17:15 WIB

MAFF. December 2015. Close to Your Daily Life, Japan.https://www.maff.go.jp/e/d ata/publish/attach/pdf/maff_2016- 4.pdf diakses 13 Agustus 2020 15: 49 WIB

MAFF 食 料 産 業 レ タ ー http://www.maff.go.jp/j/shokusan /kikaku/letter/pdf/letter_rinji0301. pdf diakses tanggal 5 September 2019 16:00 WIB

Michelin Guide Tokyo 2020 Selection. 26 November 2019 https://guide.michelin.com/en/article /news-and-views/michelin-guide- tokyo-2020-results diakses 16 September 2019 21:30 WIB

Nugroho D., Riant. Analisis Kebijakan. Jakarta: Elex Media Komputindo

Sasaki, Mizue. (2017). クローズアップ日 本事情; Japan Close Up. Japan: The Japan times.

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta.

Supriatna, Nana dan Mamat Ruhimat Kosim. (2006). Ilmu Pengetahuan social; sosiologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah. Jakarta: Grafindo media pratama.

Tjiptono Fandy. (2015). Strategi Pemasaran;Promosi, Iklan, Media Sosial, Kompetitif market, Distribusi, Pelanggan, Pasar, Branding, Produk. Edisi ke-4. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.

UNWTO. Gatronomy Tourism;The case of Japan. https://www.e- unwto.org/doi/pdf/10.18111/9789 284420919 diakses 20 September 2019 21:57 WIB

Well, Gary J and Robert Shuey and Ray Kiely. Globalization. (2001). New York Novinka Books.

Winarno, Budi. (2008) Globalisasi; Peluang atau Ancaman bagi Indonesia. Jakarta: Erlangga

Downloads

Published

13-06-2022 — Updated on 28-08-2022

Versions

How to Cite

Zulaeha, E. R., Puteri, Y. E., & Aprilianti, R. (2022). Tinjauan Strategi FBI dalam Kuliner Jepang di Indonesia. Jurnal Bahasa Asing, 15(1), 9–19. https://doi.org/10.58220/jba.v15i1.5 (Original work published June 13, 2022)