Tinjauan Strategi FBI dalam Kuliner Jepang di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.58220/jba.v15i1.5Keywords:
globalisasi, strategi, strategi FBI, kuliner Jepang, IndonesiaAbstract
Kuliner Jepang telah mendunia. Dalam kesuksesan globalisasi kuliner Jepang, terdapat peran yang besar dari pemerintah Jepang. Promosi kuliner Jepang di dunia termasuk di Indonesia, diantaranya didukung Ministry of Agriculture, Forestry and Fisheries (MAFF) dan JETRO. Ministery of Agriculture, Forestry, and Fisheris (MAFF) dalam situs resminya mengenalkan strategi FBI, yakni made from, made by, made in. Strategi FBI secara umum adalah promosi penggunaan bahan makanan dari Jepang dalam dunia masak di dunia, pengembangan budaya makan dan industri makanan Jepang di luar negeri, serta ekspor produk makanan Jepang. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mencoba mengungkap stategi FBI yang dilakukan Jepang sehingga kuliner Jepang menjadi go international. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui implementasi kebijakan strategi FBI dalam kuliner Jepang yang dilakukan oleh Kementrian Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Jepang (MAFF) di Indonesia. 2) untuk mengetahui pencapaian strategi FBI. 3) untuk mengetahui hambatan yang dihadapi oleh pemerintah Jepang saat menerapkan strategi FBI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis.
Downloads
References
Bauer, L. (2007). The Linguistics Student's Handbook. Edinburgh University Press Ltd.
Al-Rodhan, Dr. Nayef R.F.(2006) Definitions of Globalization: Ambassador Gérard Stoudmann A Comprehensive Overview and a Proposed Definition. Geneva
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak.
Arikunto, Suharshimi. (2013) Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan kelima belas. Rineka Cipta.
Dye, Thomas R. (2011). Understanding Public Policy. Thirteenth Edition. United State: Pearson
Fermana, Surya. (2009). Kebijakan Publik: Sebuah Tinjauan Filosofis. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Group Global Sushi Challenge. http://sushichallenge.global/id/ diakses 2 Juli 2020 09:15 WIB
Hiriyappa. (2013). Corporate Strategy;Managing The Business. Bloomington. Author House.
HIS. Sushi Makanan yang mendunia. https://www.japan.travel/id/guide/ japanese-superfoods/ diakses 1 Sepetember 2020 pukul 18:13 WIB
JETRO Indonesia. https://www.jetro.go.jp/indonesia/ topics/_435585.html diakses 23 Juli 2020 09:54
JETRO. (2020). Details of Japanease food and ingredient supporter stores overseas.https://www.jetro.go.jp/e n/trends/foods/supporter/, https://www.jetro.go.jp/ext_image s/en/trends/foods/supporter/list_st ore_restaurant_20200731.pdf diakses 19 Juli 2020 09:24 WIB JETRO.「ジャカルタにおける日本食レ ストランの出店状況お及び日 本 食 材 の 流 通 状 況 調 査 」 . https://www.jetro.go.jp/world/rep orts/2016/02/b5898e643f1f5812.h tml diakses 21 Juli 2020 19:00
JNTO. Makanan Super Jepan (https://www.his- travel.co.id/blog/article/detail/sus hi-makanan-jepang-yang- mendunia diakses 20 juni 2020 pukul 19:08 WIB
Liputan 6. Kuliner Umami, Misi Diplomatik Jepang untuk ASEAN. https://www.liputan6.com/global/ read/4172938/kuliner-umami- misi-diplomatik-jepang-untuk- asean diakses 20 Juli 2020 17:15 WIB
MAFF. December 2015. Close to Your Daily Life, Japan.https://www.maff.go.jp/e/d ata/publish/attach/pdf/maff_2016- 4.pdf diakses 13 Agustus 2020 15: 49 WIB
MAFF 食 料 産 業 レ タ ー http://www.maff.go.jp/j/shokusan /kikaku/letter/pdf/letter_rinji0301. pdf diakses tanggal 5 September 2019 16:00 WIB
Michelin Guide Tokyo 2020 Selection. 26 November 2019 https://guide.michelin.com/en/article /news-and-views/michelin-guide- tokyo-2020-results diakses 16 September 2019 21:30 WIB
Nugroho D., Riant. Analisis Kebijakan. Jakarta: Elex Media Komputindo
Sasaki, Mizue. (2017). クローズアップ日 本事情; Japan Close Up. Japan: The Japan times.
Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta.
Supriatna, Nana dan Mamat Ruhimat Kosim. (2006). Ilmu Pengetahuan social; sosiologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah. Jakarta: Grafindo media pratama.
Tjiptono Fandy. (2015). Strategi Pemasaran;Promosi, Iklan, Media Sosial, Kompetitif market, Distribusi, Pelanggan, Pasar, Branding, Produk. Edisi ke-4. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.
UNWTO. Gatronomy Tourism;The case of Japan. https://www.e- unwto.org/doi/pdf/10.18111/9789 284420919 diakses 20 September 2019 21:57 WIB
Well, Gary J and Robert Shuey and Ray Kiely. Globalization. (2001). New York Novinka Books.
Winarno, Budi. (2008) Globalisasi; Peluang atau Ancaman bagi Indonesia. Jakarta: Erlangga
Downloads
Published
Versions
- 28-08-2022 (2)
- 13-06-2022 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Elli Rahmawati Zulaeha, Yusnida Eka Puteri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration.
Pengajuan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sebelum jurnal lain untuk dipertimbangkan.