Analisis Penggunaan Yakuwarigo dalam Game Fate/ Grand Order “Divine Realm of The Round Table: Camelot”

Authors

  • Anggita Fitri Aghniya Universitas Negeri Semarang
  • Dwi Puspitosari Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.58220/jba.v17i2.82

Keywords:

Game, Fate/Grand Order, Yakuwarigo, Analisis

Abstract

Yakuwarigo merupakan satuan bahasa lisan yang merupakan kosa kata, tata bahasa, serta karakteristik fonetik yang dapat dikaitkan dengan tipe karakter tertentu. Yakuwarigo biasa dijumpai dalam karya fiksi seperti anime, game, manga, serta novel agar karakter suatu tokoh lebih mudah dikenali dan diketahui perannya dalam cerita berdasarkan caranya berbicara. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan : 1) mendeskripsikan jenis yakuwarigo dalam dialog tokoh game Fate/ Grand Order “Divine Realm of The Round Table: Camelot”, 2) mendeskripsikan ada atau tidaknya penyimpangan yakuwarigo yang terdapat dalam dialog tokoh game Fate/ Grand Order “Divine Realm of The Round Table: Camelot”. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah game Fate/ Grand Order. Game ini dipilih sebagai sumber data dikarenakan memiliki dua latar cerita yaitu Jerusalem yang dikuasai oleh kerajaan Britania, serta terdapat kerajaan Mesir sehingga memiliki ragam karakter yang lebih variatif. Hasil analisis yakuwarigo yang muncul dalam dialog dari 17 tokoh dalam game Fate/ Grand Order “Divine Realm of The Round Table: Camelot” ditemukan 4 variasi yakuwarigo yaitu roujingo, danseigo, joseigo, serta samurai go. Adapun penyimpangan yang ditemukan adalah 4 tokoh perempuan menggunakan danseigo, 1 tokoh laki-laki menggunakan joseigo, 2 tokoh yang tidak berpenampilan lansia menggunakan roujingo, serta 2 tokoh yang tidak berprofesi sebagai samurai menggunakan samurai go.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chaer, A., & Agustina, L. (2004). Sosiolinguistik: perkenalan awal. Penerbit PT Rineka Cipta.

Kesuma, T. M. J. (2007). Pengantar (metode) penelitian bahasa. Yogyakarta: Carasvatibooks.

Kinsui, S. (2007). Virtual Japanese : Enigmas of Role Language. Osaka University Knowledge Archive. Retrieved from https://hdl.handle.net/11094/67215

Sudaryanto. (1993). Metode dan aneka teknik analisis bahasa: Pengantar penelitian wahana kebudayaan secara linguistis. Duta Wacana University Press.

Downloads

Published

24-12-2024

How to Cite

Aghniya, A. F., & Puspitosari, D. (2024). Analisis Penggunaan Yakuwarigo dalam Game Fate/ Grand Order “Divine Realm of The Round Table: Camelot”. Jurnal Bahasa Asing, 17(2), 1–10. https://doi.org/10.58220/jba.v17i2.82

Most read articles by the same author(s)